Follow Us @soratemplates

Kamis, 03 Januari 2019

Aplikasi Konsep Tekanan


Aplikasi Konsep Tekanan 

Osmosis

ManisanGula merupakan salah satu bahan yang efektif untuk pengawetan karena sifatnya yang dapatmenarik air dari dalam sel mikroba sehingga sel menjadi kering karena proses osmosis.Pengawetan pangan dengan pemberian gula dilakukan pada pengawetan buah-buahan dalamsirup dalam bentuk manisan. Pembuatan ikan asinKarena perbedaan kepekatan dan tekanan osmosis kristal-kristal garam akan menarik cairan seldalam daging ikan keluar dari tubuhnya. Sementara itu partikel garam meresap masuk ke dalamdaging ikan. Proses ini berlangsung hingga tercapai kesetimbangan konsentrasi garam di luar dan di dalam daging.

Tekanan osmotic adalah Seseorang yang membutuhkan pengganti cairan tubuh, baik melalui infus maupunmeminum cairan pengganti ion tubuh harus memperhatikan konsentrasi cairaninfus atau minuman. Konsentrasi cairan infus atau minuman harus isotonik dengan cairan dalam tubuh untuk mencegah terjadi krenasi atau hemolisis.

Pengertian

 Osmosis adalah proses perpindahan pelarut dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah atau pelarut murn melalui membran semipermeabel menuju larutan yang memiliki konsentrasi lebihtinggi hingga tercapai kesetimbangan laju pelarut. Pada proses osmosis, molekul-molekul pelarut bermigrasi dari larutan encer ke larutan yang lebih pekat hingga dicapai keadaankesetimbangan laju perpindahan pelarut di antara kedua mediumitu. Tekanan yang diterapkan untuk menghentikan proses osmosis dari larutan encer atau pelarutmurni ke dalam larutan yang lebih pekat dinamakan tekanan osmotik larutan, dilambangkandengan Ļ€.Tekanan osmotik larutan berbanding lurus dengan konsentrasi molar zat. Dalam bentuk  persamaan dapat ditulis sebagai berikut. Ļ€ ≈ M atau Ļ€ = k.M 

k adalah tetapan kesetaraan yang bergantung pada suhu. Untuk larutan encer harga k samadengan RT, dimana R tetapan gas dan T adalah suhu mutlak.Oleh karena kemolaran memiliki satuan mol per liter larutan, maka tekanan osmotik larutandapat dinyatakan sebagai berikut. Ļ€ = M RT atau Ļ€ = (n/V) RT Keterangan:Ļ€ = Tekanan osmotik M = Molaritas larutanR = Tetapan gas (0,082 L atm/mol.K)T = Suhu (K)

Tentang Isotonik, Hipotonik,dan Hipertonik 

Dalam sistem analisis, dikenal larutan hipertonik yaitu larutan yang mempunyai konsentrasiterlarut tinggi, larutan isotonik yaitu dua larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut sama,dan larutan hipotonik yaitu larutan dengan konsentrasi terlarut rendah.Air kelapa merupakan contoh larutan isotonik alami. Secara ilmiah, air kelapa mudamempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehinggga memiliki kesetimbanganelektrolit yang nyaris sempurna setara dengan cairan tubuh manusia. Proses osmosis juga terjadi pada sel hidup di alam. Contoh bintang laut dan kepiting memilikicairan sel yang bersifat isotonik dengan lingkungannya. Jika cairan sel bersifat hipotonik makasel tersebut akan mendapatkan banyak air. Tetapi jika sel berada pada larutan hipertonik makasel akan kehilangan banyak molekul air.

sumber: https://www.scribd.com/doc/102050650/Aplikasi-Konsep-Tekanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar